-->

Tanggapan Tudingan Jokowi Yang di Duga Memakai Earpiece Saat Debat Capres Ke-2
Nurdin Albantani
Tanggapan Tudingan Jokowi Yang di Duga Memakai Earpiece Saat Debat Capres Ke-2

Jakarta, Malingping Pos - Mengenai tudingan yang membuat keanehan pada Pak Jokowi saat debat capres ke dua yang di siarkan langsung di beberapa saluran televisi nasinal, Jokowi diduga mekai Earpiece.

Hal ini menjadi perhatian khusus dalam debat yang di laksanakan Minggu malam, 17 februari kemarin.

Di kutip dari laman Viva.co.id, salah satu pengguna Facebook memperhatikan gerak-gerik jokowi saat di panggung. Mantan walikota kota sulu itu meletakkan telunjuk di libang kuping. Selain itu, foto yang di unggah menunjukkan saat memberikan paparan jokowi tangan kiri terlihat seakan memencet ujung pena.

Hal ini membuat beberapa orang menduga bahwa Jokowi menggunakan earpiece dalam membantu memperlancar pertanyaan yang di berikan saat malam debat capres ke-2.

Duggan itu di tuju kepada pena yang mengendalikan earpiece yang di pegang oleh Pak Jokowi. Apakah mungkin benar?.

Unggahan ini menjadi perhatian para pengguna Facebook, benar atau tidak tidaknya, Viva.co.id menyebutkan, unggahan ini viral dan telah di bagikan mencapai 22 ribu kali ke pngguna facebook yang lainnya.

Hal ini pun di tanggapi langsung oleh wakil ketua tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf, Asrul Sani yang mengatakan tudingan Jokowi tentang penggunaan alat bantu itu di buat karena Jokowi unggul debat.

"Haha. Kalau enggak bisa unggul soal bahan debat, dan hanya unggul soal penguasaan lahan, maka ya, begitu efek sampingnya. Sebar Hoax, nyiniyr, marah-marah, termasuk nuduh soal earphone dan pulpen", ungkapnya, di kutip dari Viva.co.id, Senin, 18 Februari 2019.

Asrul menilai tudingan yang terjadi pada Jokowi mengenai pulen dan earphphone pada malam debat capres itu, karena,  pikiran dan sikap mereka yang merendahkan Jokowi dan terlalu mengagungkan Prabowo.

Bagaimana tanggapan Jokowi, mengenai tuduhan tentang alat bantu untuk memperlancar debat capres kemarin malam? Berikut ini telah kami rangkum dari beberapa sumber media.

Dilansir di laman Tribun Wow, oleh penggiat sosial media dalam akun @ulinyusron, Senin 18 Februari 2019.

Dalam sesi wawancara dengan wartawan pasca debat capres, Jokowi menjawab soal tudingan yang menjadi viral itu.

"Pak, setelah debat ada tudingan bapak menggunakan earphone?", salah satu wartawan kepada Pak Jokowi.

Tidak membutuhkan waktu lama, Jokowi pun langsung menjawab pertanyaan tersebut.

"Enggak ah, ada-ada saja seperti itu, itu Fitnah seperti itu jangan di terus-terusin lah", jawaban pak jokowi.

Wartawan pun meeneruskan pertanyaannya kembali, pertanyaan soal pulpen yang selalu di bawa oleh Jokowi saat debat capres.

"Itu pulpen pak?" tanya wartawan.

"Lha, ini pulpen, ini kan?" Kata Jokowi sambil menunjukkan pulpen yang di tuding itu.

"Pulpen beneran pak?"

"Ya, coba saja" Jokowi sambil membuka tutup pulpen.

"Jangan membuat isu-isu fitnah enggak bermutu lah" terusan Jokowi.

Lalu, bagaimana pandangan anda tentang hal ini? Jangan mudah terbawa dengan emosi, jangan mudah terbawa dengan hal-hal yang tidak jelas asal-usulnya atau kabar-kabar bohong yang memberikan ujaran kebencian.

Malingping Today, 18 Februari 2019, sumber Viva.co.id dan Tribun Wow
Advertisement
KOMENTAR ()