-->

Inilah Cara Berhenti Donasi UNICEF Indonesia
Malingping Pos
Inilah Cara Berhenti Donasi UNICEF Indonesia

Cara Berhenti Donasi UNICEF Indonesia - Anda sudah berdonasi di UNICEF dan ingin berhenti berdonasi dengan alasan tertentu namun belum tahu cara berhenti donasi UNICEF? Anda bingung harus mulai dari mana dan tidak tahu cara untuk berhenti berdonasi karena terlanjur menggunakan auto debet atau fasilitas kartu kredit Anda.

Mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi bagaimana cara menghentikan donasi Anda untuk UNICEF. Namun, sebelum saya menjelaskan bagaimana cara mudah berhenti donasi UNICEF izinkan saya menyampaikan kepada Anda beberapa hal tentang donasi dan UNICEF karena menurut pendapat saya ini sangat penting untuk diketahui oleh kita bersama.

Indonesia adalah negara yang besar dengan jumlah penduduk yang mencapai 267juta yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dari jumlah tersebut, penduduk dengan kelompok umur 0-14 tahun (usia anak-anak) mencapai 66,17 juta jiwa atau sekitar 24,8% dari total populasi.

Dari jumlah tersebut tentu saja ada sebagian anak yang mengalami nasib tidak sesuai dengan harapan dan dibutuhkan bantuan kepada anak-anak tersebut.

Untuk alasan itulah UNICEF hadir...

Apa itu Donasi?

Donasi atau sumbangan adalah pemberian barang atau uang kepada orang lain atau lembaga lain dari perseorangan atau individu atau pun dilakukan oleh lembaga atau kelompok tertentu dengan maksud dan tujuan tertentu pula. Donasi sifatnya sukarela dan tidak menentukan besaran jumlah barang atau uang yang akan diberikan.

Dalam Islam dikenal istilah "Tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah", Artinya, memberi lebih baik dari pada menerima dan bagi setiap muslim dianjurkan untuk berdonasi yang dikenal dengan istilah sedekah baik itu berupa fisik seperti uang, pakaian, makanan atau minuman dan non fisik berupa Tenaga, pemikiran atau ide.

Donasi atau sumbangan diberikan dengan berbagai alasan baik itu alasan kemanusiaan, bencana atau alasan sosial dan tidak ada hukum pidana atau pun perdata yang mengatur masalah donasi untuk saat ini.

Misalnya, seseorang yang memberikan uang pada pengemis di hukum (walau pun ada wacana atau anjuran untuk tidak memberikan uang kepada pengemis).

Tujuan Donasi

Donasi tentu memiliki tujuan yang mana tujuan tersebut bergantung pada apa yang terjadi pada penerima bantuan. Pada dasarnya tujuan donasi adalah meringankan beban orang lain atau memenuhi kebutuhan orang lain.

Mungkin Anda pernah mendengar istilah FILANTROPIS? Apa artinya? Ya, filantropis adalah mereka yang bersedia menyumbangkan tenaga, uang atau pemikirannya untuk orang lain yang membutuhkannya.

Umumnya, seorang filantropis adalah mereka yang super duper kaya raya seperti Bill Gates dengan Bill & Melinda Foundation atau di dalam negeri ada Sukanto Tanoto dengan Tanoto Foundation yang bergerak dalam bidang pendidikan berupa pemberian beasiswa.

Manfaat Donasi

Ditinjau dari sisi manfaat, setiap sumbangan atau donasi yang kita berikan tentu saja sangat bermanfaat bagi diri kita atau orang lain yang kita sumbang.

Manfaat donasi bagi diri kita diantaranya adalah melatih mental dan spiritual, menumbuhkan rasa cinta kepada sesama dan dalam agama Islam setiap sumbangan yang kita berikan akan kembali kepada kita dengan berlipat ganda.

Sementara itu manfaat sumbangan bagi penerima sumbangan adalah meringankan beban penerima sumbangan, memenuhi kebutuhannya, menyenangkan hati dan meringankan penderitaan baik fisik atau bukan fisik.

UNICEF

UNICEF adalah singkatan United Nations Children's Fund adalah sebuah organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan kesejahteraan jangka panjang kepada anak-anak dan ibunya di negara-negara berkembang (Wikipedia). Lembaga ini didirikan pada tanggal 11 Desember 1946 yang pada awalnya didirikan untuk memberikan bantuan bagi anak-anak korban perang dunia II berupa makanan dan kesehatan.
logo UNICEF

Pada Oktober 1953, sidang umum PBB memutuskan bahwa UNICEF ditetapkan menjadi satu badan permanen dalam PBB yang menangani masalah anak yang dikenal dengan nama Dana PBB untuk anak-anak. UNICEF berkantor pusat di New York, Amerika Serikat.

Visi Misi UNICEF

UNICEF memiliki visi:
Untuk menciptakan sebuah dunia dimana setiap anak dapat tumbuh sehat, terlindungi dari bahaya, dan terdidik

Dalam First Regular Session Executive Board yang disahkan oleh dewan eksekutif misi UNICEF diantaranya:
  1. UNICEF diamanatkan oleh Majelis Umum PBB untuk mengadvokasi perlindungan hak-hak anak serta untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar dan memperluas kesempatan anak-anak di seluruh dunia untuk mencapai potensi penuh mereka
  2. UNICEF dipandu oleh konvensi hak-hak anak dan berusaha untuk mempertahankan hak-hak anak dan menuntut adanya kesetaraan gender serta etika dimata dunia internasional
  3. UNICEF menegaskan bahwa kelangsungan hidup, perlindungan dan perkembangan anak adalah pembangunan universal yang merupakan bagian integral dari kemajuan manusia
  4. UNICEF memobilisasi kemauan dan sumber daya untuk membantu negara-negara, khususnya negara-negara berkembang
  5. UNICEF memberikan komitmen penuh untuk memastikan perlindungan khusus bagi anak-anak yang dirugikan karena korban perang, bencana, kemiskinan , cacat serta segala bentuk kekerasan dan eksploitasi. Keenam, UNICEF merespon dalam keadaan darurat untuk melindungi hak-hak anak dengan berkoordinasi dengan PBB dan badan kemanusiaan lainnya. Sehingga dengan begitu, UNICEF diharapkan dapat menjadi lebih berkembang dan dapat membuat fasilitas yang baik sebagai respon cepat dalam meringankan beban penderitaan anak-anak dan memberikan perawatan kepada mereka yang membutuhkan
  6. UNICEF adalah organisasi non-partisan sehingga program kerjasama dengan pihak luar tidak bersifat diskriminasi. Artinya, program kerjasama yang dijalankan oleh UNICEF murni dengan melihat pada prioritas kebutuhan pada suatu negara terutama yang menyangkut hak anak-anak yang menjadi korban
  7. UNICEF bertujuan melalui program negaranya untuk mempromosikan hak-hak perempuan dan anak-anak serta untuk mendukung partisipasi penuh dalam perkembangan politik sosial dan ekonomi masyarakat
  8. UNICEF bekerja dengan semua mitranya untuk mencapai perkembangan yang berkelanjutan dan merealisasikan visi perdamaian dan kemajuan sosail yang tercantum dalam piagam PBB

Berdonasi di UNICEF Indonesia

Bagaimana cara berdonasi di UNICEF Indonesia? Caranya sangat mudah, silahkan klik UNICEF Indonesia atau klik https://www.supportunicefindonesia.org/ dan pilih 2 cara donasi yaitu donasi 1 kali dan donasi rutin yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Donasi 1 Kali di UNICEF Indonesia

Bagi Anda yang memiliki kelebihan rezeki dan ingin membantu anak-anak Indonesia dapat memberikan donasi atau sumbangan di UNICEF Indonesia.

Pertama kunjungi situs resmi UNICEF Indonesia di https://www.supportunicefindonesia.org/

Kedua, lihat gambar dibawah dan klik tab "DONASI 1 KALI"
cara donasi unicef indonesia 1

Ketiga, pilih jumlah donasi Anda dengan keterangan sebagai berikut:
  • Berdonasi 150.000 sama dengan menyumbang asupan gizi untuk 1 anak selama 1 minggu
  • Berdonasi 300.000 sama dengan menyumbang asupan gizi untuk 1 anak selama 2 minggu
  • Berdonasi 500.000 sama dengan menyumbang asupan gizi untuk 1 anak selama 1 bulan
  • Berdonasi 1.000.000 dapat membantu 1 orang anak sembuh dari gizi buruk

Selain Anda dapat berdonasi dengan jumlah yang sudah ditentukan, Anda juga dapat berdonasi dengan jumlah yang Anda tentukan sendiri, caranya adalah dengan meng-klik Jumlah Lain dan masukan nominal sumbangan yang akan Anda berikan.

Keempat, silahkan klik BANTU SEKARANG, maka akan ada beberapa pilihan pembayaran yaitu Kartu Kredit, Transfer Bank (Bank Mandiri, CIMB Niaga, Bank Danamon atau Permata Bank) atau melalui Alfamart.

Kelima, Isi data diri Anda seperti Nama Lengkap, Email, dan Nomor Telepon pada kolom yang disediakan.

Keenam, Klik Bantu Sekarang dan Anda akan diarahkan pada menu pembayaran sesuai dengan bank yang Anda pilih dari awal. Contoh disini saya memilih bank mandiri.
cara berhenti donasi UNICEF

Terakhir, silakan bayar sesuai dengan nominal yang Anda pilih pada nomor rekening yang ditampilkan. Saran saya, cetak pada kertas untuk memudahkan Anda melakukan transfer di atm.

Donasi Rutin ke UNICEF Indonesia

Bagaimana cara donasi rutin untuk UNICEF Indonesia? langkah-langkahnya hampir sama dengan donasi 1 kali pada UNICEF. Namun, tab yang Anda pilih adalah pada bagian pendekar anak.

Ada sedikit perbedaan antara donasi satu kali dengan donasi rutin dalam hal pembayaran. Jika donasi 1 kali tersedia pilihan bank atau melalui alfamart, pada donasi rutin hanya tersedia pilihan kartu kredit saja.

Menurut pendapat saya, jika Anda memilih donasi rutin Anda harus memastikan bahwa Anda benar-benar mempunyai penghasilan tetap dan rutin atau Anda adalah seorang pengusaha kaya yang sulit membuang uang Anda maka Anda boleh pilih donasi rutin UNICEF Indonesia untuk membantu meringankan beban anak Indonesia.

stop donasi unicef Indonesia

Cara Berhenti Donasi UNICEF Indonesia

Ini adalah bagian yang menarik dari tulisan yang saya sampaikan kepada pembaca, yaitu bagaimana cara berhenti donasi UNICEF Indonesia?.

Ada banyak keluhan yang masuk terkait masalah ini yang saya temukan di fans page resmi UNICEF Indonesia. Banyak donatur yang ingin menghentikan donasi UNICEF Indonesia namun tidak tahu caranya.

Pada 22 Juli 2013, salah seorang donatur bertanya ke UNICEF, Bagaimana cara berhenti donasi UNICEF Indonesia? Pertanyaan tersebut mendapatkan response sebanyak 91 komentar dan 1 kali dibagikan dan rata-rata keluhan mereka sama yaitu tidak bisa berhenti donasi UNICEF Indonesia.

Ada banyak alasan kenapa para donatur tidak bisa menghentikan donasi mereka untuk UNICEF Indonesia dan alasan utamanya adalah tidak mengetahui caranya.

Anda seorang donatur dan ingin berhenti berdonasi untuk UNICEF Indonesia? simak penjelasan saya tentang BAGAIMANA CARA BERHENTI DONASI UNICEF INDONESIA dibawah ini!

Sangat mudah sekali jika Anda ingin menghentikan donasi Anda untuk UNICEF Indonesia. Tersedia 2 cara mudah berhenti donasi UNICEF Indonesia yaitu:
  1. Melalui Layanan Telepon
  2. Melalui Email UNICEF Indonesia

Cara pertama, melalui layanan telepon di (021) 8066 2100. Sampaikan niat Anda kepada customer service untuk menghentikan donasi Anda untuk UNICEF dengan memberikan data yang lengkap seperti Nama Anda, Jumlah Donasi Anda, Email Anda dan Nomor Kartu Kredit yang Anda gunakan untuk berdonasi. Sebaiknya Anda menelepon pada jam dan hari kerja yaitu Senin - Jumat pukul 09.00 - 17.00.

Cara Kedua melalui layanan email di ids.donorlove@unicef.org. Kirim email ke ids.donorlove@unicef.org dan sampaikan bahwa Anda ingin menghentikan donasi.

Untuk mempermudah Anda , silakan copy format email dibawah ini!
To : ids.donorlove@unicef.org
Subjek: Berhenti Donasi UNICEF Indonesia
Isi: Salam sejahtera saya ucapkan untuk UNICEF Indonesia. Perkenalkan, nama saya yyyyyyy. Bersama email ini saya mengajukan permohonan pemberhentian donasi UNICEF Indonesia atas nama saya dengan nomor kartu kredit yyyyyyyyy , jumlah Rp.123.4542.

Alasan saya menghentikan donasi kepada UNICEF adalah karena saya sudah tidak bekerja lagi dan saya khawatir saya tidak sanggup membayar tagihan kartu kredit saya.

Demikian permohonan pemberhentian donasi ini saya sampaikan, semoga bapak/ibu dapat memakluminya.

Hormat saya


Malinpingpos.

Demikian ulasan singkat tentang bagaimana Cara Berhenti Donasi UNICEF Indonesia ini saya sampaikan. Semoga uraian ini menjadi hal yang bermanfaat bagi kita semua.
Advertisement
KOMENTAR ()